Three Cute Cherries


Jumat, Desember 09, 2011

KIMIA KUNO DAN MODERN

7000 – 6000 BC. Produksi timbal dan tembaga berkembang di Anatolia, Turki
3500 BC. Produksi tembaga dan perunggu menyebar di Timur Tengah
2700 BC. Bukti pembuatan benda besi dari besi meteorit
2500 BC. Berat standar digunakan di Sumeria. Pekerjaan logam lembaran perak dilakukan.
2500 BC. Pembuatan gelas di Mesopotamia.
2000 – 1000 BC. Bangsa Hittite mengembangkan teknologi besi.
1550 BC. Gelas pertama kali dibuat di Mesir.
950 – 500 BC. Zaman Besi pertama di Eropa. Ekstraksi dan pekerjaan besi menyebar bertahap di benua ini.
600 BC. Pertambangan timah di Cornwall. Di China, Lao Tzu menjelaskan filsafatnya, yang disebut Taoisme, dalam Tao Te Ching (Jalan hidup). Alam semesta dilihat sebagai hal-hal yang bertentangan, “yang” sebagai prinsip jantan, positif, panas, dan cahaya, “yin” sebagai prinsip betina, negatif, dingin, dan gelap. Lima unsur, tanah, air, api, logam, dan kayu, diyakini terbentuk akibat pertarungan antara kedua gaya ini. China memproduksi bubuk mesiu dan diduga telah mampu menghasilkan asam nitrat. Di Yunani, teori kalau semua zat dibangkitkan dari satu materi utama, zat tanpa bentuk, diajukan.
580 BC. Teori awal materi diajukan oleh filsuf Yunani, Thales, mengatakan kalau semua benda terbuat dari air.
569 BC. Bukti penggunaan bellow untuk pekerjaan metalurgi di Anacharsis, Scythia.
560 BC. Materi dijelaskan dalam hal dingin, panas, kering, dan basah oleh filsuf Yunani, Anaximander.
Sekarang kita lompat 2556 Tahun!
Masa Sekarang
1996. Peter Armbruster, Sigurd Hofmann dan rekan-rekannya dari Gesellschaft für Schwerionenforschung di Darmstadt, Jerman menemukan unsur ununbium. Ini adalah nama sementaranya.
1998. Fisikawan Rusia, Yuri Oganessian, Vladimir Utyonkov dan rekan-rekannya di Lembaga Bersama Penelitian Nuklir di Dubna, Rusia, menemukan unsur ununquadium. Ini adalah nama sementaranya.
1999. Ilmuan Amerika, Kenneth Gregorich, Victor Ninov, dan rekan-rekannya di Laboratorium Nasional Berkeley Lawrence di California menemukan unsur ununhexium. Ini nama sementara. Mereka juga mengumumkan kalau mereka telah menemukan ununoctium namun menarik pernyataan tersebut.
2001. Ilmuan di Laboratorium Nasional Brookhaven di New York mengumumkan kalau mereka telah menggunakan sebuah pemercepat partikel untuk menciptakan materi dengan kepadatan tertinggi yang pernah dilihat di Bumi. Dengan menghantamkan inti atom emas pada kecepatan mendekati cahaya, para ilmuan menghasilkan kepadatan lebih dari 20 kali yang ditemukan di inti materi biasa.
2002. Para ilmuan menciptakan molekul yang terdiri dari empat atom nitrogen (molekul nitrogen di udara hanya memiliki dua atom).
2003. Para ilmuan mengembangkan benang yang tersusun dari tabung nano yang lebih keras dari bahan alami atau buatan manapun.
2004. Para ilmuan dari Laboratorium Nasional Livermore Lawrence di California dan Lembaga Bersama Penelitian Nuklir di Dubna, Rusia, mengumumkan kalau mereka telah menemukan dua unsur kimia baru: ununtrium (113) dan ununpentium (115).
2005. Para kimiawan Jepang dan Amerika mensintesis nikel galium sulfida, yang dapat berperilaku sebagai bahan magnet cair pada suhu mendekati nol mutlak. Teoritikus telah mengajukannya pertama kali pada tahun 1975

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar