Three Cute Cherries


Jumat, Oktober 21, 2011

resep seblak ala NAY

naaah ini makanan kesukaan saya SEBLAK ad dua pilihan untuk seblak ini ada yang basah dan ada yang kering. banyak banget versi masak seblak ini kadang-kadang saya membuat dengan beberapa versi tergantung situasi dan kondisi nya gimana misalnya saya lagi di rumah biasa yang kering atau kerupuknya juga yang tebel(buat kerupuk yang gopean itu lo) naah kalo di kosan saya biasa yang kecil aja kan lebih murah hihihi ngirit ya.....masaknya juga kadang pake magic com (waah simple bnget ya)ya... maklum di kosan saya tidak ada kompor(malang banget). kalo yang kering biasanya saya buat di rumah aja karena alasan bahan baku kalo di bandung(tmpat saya kost bersma teman2 seperjuangan) karena membutuhkan bumbu yang janrang di daerah bandung yaitu bumbu atom (susah lo kalo yang asli gurih hanya terdapat daerah tasik, ciamis dan sekitarnya hihih) dan waktu memasaknya juga lebih lama dibandingkan dengan seblah basah ..nah ini resep seblak nya mau yang mana??


RESEP SEBLAK BASAH :
bumbu:
cabai : secukupnya (ingat ya tergantung cabai nya mau cabai rawit atau cengek bisa saja tapi kepedasan tergantung cara masak dan cabainya kalo pengen pedas banget cabainya harus yang baru saja di petik dari pohonnya soalnya masih terkandung zat apa yaa lupa lagi trus harus udah tua yang di petiknya gak merah jjuga gak apa apa yang penting kalo di pegang agak keras itu menandakan cabainya sudah di panen kalo cabainya dari pasar kadang udah agak lama dan gak pedas jadi kalo dari pasar harus agak banyak hehhe ekkh jadi ngebahas cabai jadinya )
garam : secukupnya
bumbu masako, royco, apa aja deh
bawang merah : secukupnya
bawang putih : secukupnya
cikur(bahasa indonesia nya apa?) : secukupnya
BAHAN:
kerupuk : kerupuknya kalo yang basah bisa beberapa jenis ada yang kecil2 trus yang biasa gopean juga bisa tapi mntahnya ya.....
CARA MASAK :
ADA BEBERAPA CARA MASAKNYA :
kalo di kosaan :
bumbu yang tadi di atas di tumbuk sampai halus...nahh panaskan air dalam magic com setelah mendidih masukkan kerupuk tadi sesudah agak lembek masukkan bumbunya selsai dech tinggal tunggu itu siih cara simple nya.... bisa di tambahkkan gula sedikit ya.. kalo emang suka tapi jadi enak looo
kalo di rumah :
tumbuk bumbunya sampai halus
tumis bumbunya sampai halus tambah air truus masukkan kerupuknya udaah deh tinggal tunggu.
ada lagi nee resep :
rendam kerupukya dalam air panas sampai lmyan lmbek
setelah bumbu di tumis sampai harum masukkan kerupuk tadi yang sudah di rendam airnya dikit aja tumis deh bareng emm yummi enak kan
kalo mau bikin yang kering lmyan susah nee dan lama :
tumbuk bumbu sampai halus
nahh si kerupuknya di kasreng dulu tapi pakai minyak yang sedikit sampai kerupuk masak setengah matang pkonya sampai kriuk2 aja
tumis bumbu minyak nya jangn terlalu banyak yaa...masukin dech kerupukynya emm aduk2 sampai bumbu merata  hati-hati lho bau pedasnya bisa orang sampai nagis hahahahah
happy cooking

1 komentar:

Hera mengatakan...

Terima kasih infonya

Poskan Komentar