Tahap kegiatan | Langkah-langkah | Waktu |
Pendahuluan | Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Prasyarat · Mengabsen · Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi sebelumnya Motivasi Guru bertanya mengenai reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari. | 5 menit |
Kegiatan inti | Eksplorasi · Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkapkan pengetahuann siswa dan menjelaskan konsep reaksi redoks · Guru membagi siswa kedalam dua kelompok · Guru membagikan LKS pada siswa · Guru mengarahkan siswa untuk praktikum sesuai dengan LKS · Siswa melakukan praktikum pada kelompoknya masing-masing. Elaborasi · Siswa menjawab pertanyaan LKS · Guru menyuruh tiap perwakilan kelompok untuk melaporkan hasil eksperimen mereka dan mempresentasikannya. Konfirmasi · Guru dan siswa membahas data hasil pengamatan · Guru menambahkan yang kurang · Guru mempersilahkan siswa bertanya | 12 menit |
Penutup | · Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari · Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat laporan hasil praktikum · Guru mmenutup pelajaran dengan mengucapkan salam. | 3 Menit |
Mengetahui Kepala sekolah Sari, S.Pd NIP. | Guru Kimia Didah jubaedah NIP. 1209208028 |
No | Indikator pencapaian | Soal | Skor |
1 | Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan plelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi | Jelaskan konsep reaksi oksidasi berdasarkan : · Pelepasan dan pengikatan electron · Serah terima electron · Perubahan bilangan oksidasi | 0-6 |
2 | Mengklasifikasikan oksidator dan reduktor dalam reaksi | Tentukanlah reaksi oksidasi, reaksi reduksi,oksidator dan reduktor pada reaksi pembentukan oksida kalsium : Ca + O2 à CaO | 0-8 |
No | Percobaan | Pengamatan |
1 | Pembakaran pita Mg | |
NO | NAMA | SKOR SOAL | SKOR TOTAL | NILAI | ||
1 | 2 | 3 | ||||
| | | | | | |
NO SOAL | SKOR |
1 | 6 |
2 | 8 |
Skor total | 14 |
No | Aspek yang di nilai | 5 | 4 | 3 | 2 | 1 |
1 | Ketelitian | | | | | |
2 | Kejujuran | | | | | |
3 | Kerja sama | | | | | |
No | Aspek yang di nilai | 5 | 4 | 3 | 2 | 1 | Jumlah skor | Nilai |
1 | Cara menjepit Mg dengan tang krus | | | | | | | |
2 | Cara atau arah membakar Mg | | | | | | | |
1 komentar:
hohohohoh
Posting Komentar