Three Cute Cherries


Rabu, November 02, 2011

RPP redoks micro teaching


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Materi Pelajaran           : Kimia
Materi                          : reaksi oksidasi reduksi
Kelas / semester           : X/2
Waktu                          : 2 x 10 menit
Standar Kompetensi       : Memahami sifat-sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit serta reaksi oksidasi reduksi
Kompetensi Dasar          : Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi reduksi dan hubungannya dengan tatanama senyawa serta penerapannya
I.                  INDIKATOR
·        Menganalisis reaksi oksidasi dan reduksi melalui percobaan
II.               TUJUAN PEMBELAJARAN
A.      Kognitif
·        Setelah mempelajari materi ini diharapkan siswa dapat :
·        Menganalisis reaksi oksidasi dan reduksi melalui percobaan
B.      Afektif
·      Jujur
·      Teliti
·      Bekerja sama
·      Keseriusan dalam praktikum
C.      Psikomotor
            Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa terampil :
· Mengamati reaksi oksidasi dan reduksi pada percobaan
· Membakar pita Mg
III.           MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian reaksi reduksi oksidasi (redoks) mengalami perkembangan sebagai berikut.:
a. Pengikatan oksigen dan hidrogen
b. Transfer elektron
c. Perubahan bilangan oksidasi
Menurut konsep pengikatan oksigen/hidrogen, oksidasi adalah pengikatan atom oksigen  atau pelepasan atom hidrogen. Reduksi adalah proses sebaliknya.
Menurut konsep transfer elektron, oksidasi adalah pelepasan elektron dan reduksi adalah penerimaan elektron. Menurut konsep perubahan bilangan oksidasi, oksidasi adalah kenaikan bilangan oksidasi dan reduksi adalah penurunan bilangan oksidasi.Bilangan oksidasi adalah suatu bilangan yang menyatakan valensi atom dalam suatu senyawa yang dapat memiliki harga positif maupun negatif.
Dalam reaksi redoks, zat yang dapat mengoksidasi zat lain dinamakan oksidator dan zat yang dapat
mereduksi zat lain dinamakan reduktor.

IV.            METODE PEMBELAJARAN 
Metode                  : Eksperimen dan Diskusi Informasi
Pendekatan            : pendekatan proses dan konstektual

V.               LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Tahap kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
Pendahuluan
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Prasyarat
·        Mengabsen
·        Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi sebelumnya
Motivasi
Guru bertanya mengenai reaksi redoks dalam kehidupan sehari-hari.
5 menit
Kegiatan inti
Eksplorasi
·        Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkapkan pengetahuann siswa dan menjelaskan konsep reaksi redoks
·        Guru membagi siswa kedalam dua kelompok
·        Guru membagikan LKS pada siswa
·        Guru mengarahkan siswa untuk praktikum sesuai dengan LKS
·        Siswa melakukan praktikum pada kelompoknya masing-masing.
Elaborasi
·        Siswa menjawab pertanyaan LKS
·        Guru menyuruh tiap perwakilan kelompok untuk melaporkan hasil eksperimen mereka dan mempresentasikannya.
Konfirmasi
·        Guru dan siswa membahas data hasil pengamatan
·        Guru menambahkan yang kurang
·        Guru mempersilahkan siswa bertanya
12 menit
Penutup
·        Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·        Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat laporan hasil praktikum
·        Guru mmenutup pelajaran dengan mengucapkan salam.

3 Menit


VI.            MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
 Media pembelajaran : alat dan bahan eksperimen pembakaran pita Mg
Alat                                        : pembakar spirtus, tang krus 
Bahan                                     : pita Mg
Sumber pembelajaran               :Sandri justiana dan muchtaridi.2009. kimia untuk SMA X yudistira Jakarta
Bahan ajar                              : LKS

VII.        ALAT PENILAIAN
·        Penilaina kognitif
·        Penilaian afektif
·        Penilaian psikomotor
Bandung, 28 oktober 2011


Mengetahui
Kepala sekolah


Sari, S.Pd
NIP.

Guru Kimia



Didah jubaedah
NIP. 1209208028


















Lampiran 1

Penilaian kognitif
Kognitif : bentuk essay
No
Indikator pencapaian
Soal
Skor
1
Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan plelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi
Jelaskan konsep reaksi oksidasi  berdasarkan :
·        Pelepasan dan  pengikatan electron
·        Serah terima electron
·        Perubahan bilangan oksidasi
0-6
2
Mengklasifikasikan oksidator dan reduktor dalam reaksi
Tentukanlah reaksi oksidasi, reaksi reduksi,oksidator dan reduktor pada reaksi pembentukan oksida kalsium :
Ca + O2 à CaO
0-8

































Lampiran 2

LEMBAR KERJA SISWA


Materi                        : Reaksi Redoks
Kelas/semester           : X/I
Materi Pokok             :Reaksi oksidasi dan reduksi
Tujuan                        : siswa dapat memahami bagaimana terjadinya reaksi redoks

I.                    Alat dan Bahan
A.     Alat
Adapun alat yang digunakan adalah :
Tang krus
Pembakar spirtus
Cawan petri
B.     Bahan
Pita Mg

II.                 Prosedur Kerja
1.      Siapkan alat dan bahannya
2.      Bersihkan logam Mg sepanjang 2 cm dengan cara di amplas
3.      Jepit logam Mg dengan tang krus kemudian dekatkan dengan nyala api
4.      Amati yang terjadi saat logam Mg terbakar
5.      Tuliskan hasil pengamatan dalam tabel pengamatan
Catatan : logam Mg yang sedang terbakar jangan sampai terkena kulit karena suhunya sangat tinggi. Lakukan pembakaran magnesium dengan sangat hati-hati.
III.               Tabel Pengamatan
No
Percobaan
Pengamatan
1
Pembakaran pita Mg


IV.              Pertanyaan
1.      Senyawa apakah yang  mengalami oksidasi?mengapa?
2.      Tuliskan reaksi oksidasi dari percobaan di atas ?





Lampiran 3
LEMBAR PENILAIAN
A.     KOGNITIF (skala)
NO
NAMA
SKOR SOAL
SKOR TOTAL
NILAI
1
2
3







KETERANGAN :
NO SOAL
SKOR
1
6
2
8
Skor total
14

Nilai = 

B.     AFEKTIF
Nama :
Kelas :
No
Aspek yang di nilai
5
4
3
2
1
1
Ketelitian





2
Kejujuran





3
Kerja sama





Keterangan :
3-5                   = cukup (D)
6-8                   = lebih dari cukup (C)
9-11                 = baik (B)
12-15               = sangat baik(A)











C.     PSIKOMOTOR  
Nama   :
Kelas   :
No
Aspek yang di nilai
5
4
3
2
1
Jumlah skor
Nilai
1
Cara menjepit Mg dengan tang krus







2
Cara atau arah membakar Mg 







Kriteria skor
5= tepat dan cepat
4= tepat dan lambat
3= kurang tepat dan cepat
2= kurang tepat dan lambat
1= tidak tepat dan lambat
Kriteria penilaian
10= nilai 100 (istimewa)
7-9= nilai 90 (baik sekali)
4-6= nilai 80 (baik)
2-3= nilai 70 (cukup)
0-2=nilai 60(belum tuntas)


1 komentar:

Anonim mengatakan...

hohohohoh

Poskan Komentar